Artkel Terbaru

10 Desain Logo yang Pernah Mengalami Rebranding


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Sobat pembaca apakah pernah memiliki sebuah logo atau branding untuk perusahaan/lembaga sendiri? apakah branding yang sobat gunakan pernah mengalami perubahan / rebranding? Dalam tulisan kali saya akan sedikit berbagi informasi tentang rebranding suatu brand beserta contoh logo-logo yang pernah mengalami rebranding

Rebranding berasal dari kata re- dan branding, Re berarti kembali, sedangkan Branding adalah proses penciptaan sebuah brand image/logo yang bisa menghubungkan dengan pelanggannya. Jadi rebranding adalah suatu strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk merubah seluruhnya atau hanya memperbaharui sebagian brand yang telah ada agar menjadi lebih baik, dengan tidak mengabaikan visi dan misi awal perusahaan, dengan maksud mengembangkan identitas baru dalam benak konsumen, investor, pesaing, dan pemangku kepentingan lainnya.

Perubahan atau rebranding tersebut biasanya bertujuan untuk memposisikan ulang merek / brand perusahaan, untuk menjauhkan diri dari konotasi negatif dari branding sebelumnya, atau untuk membuat brand / merek lebih berkelas. Rebranding juga bisa dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah pesan baru yang ingin disampaikan oleh dewan direksi baru dalam suatu perusahaan.

Beberapa alasan dilakukannya suatu rebranding:
  • Alasan finansial. Perusahaan secara finansial melakukan reorganisasi dan sebuah identitas baru diperlukan untuk hal itu.
  • Adanya manajemen/kepemimpinan baru. Untuk mengiringi awal kepemimpinannya, mereka ingin “tanda atau simbolnya” sendiri di perusahaan yang dipimpinnya.
  • Analisa prospektif pasar. Setelah sekian tahun perusahaan perlu menegaskan kembali targetnya dan merencanakan mengubah positioning-nya pada area yang baru, sehingga perlu citra yang baru pula untuk merefleksikan hal tersebut.
  • Merger. Beberapa perusahaan bergabung menjadi satu perusahaan yang baru dengan nama baru, menjadi alasan untuk tampil baru.
Berikut ini adalah 10 contoh desain logo yang telah mengalami rebranding:

1. Rebranding logo instagram


2. Rebranding logo Jogja

3. Rebranding logo Kereta Api Indonesia (KAI)

4. Rebranding logo PayPal

5. Rebranding logo Pepsi

6. Rebranding logo Pertamina

7. Rebranding logo airbnb

8. Rebranding logo Apple

9. Rebranding logo Formula 1

10. Rebranding logo Google


No comments

Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sesuai tema, terimakasih sudah berkunjung