Artkel Terbaru

Mengenal 3 Bentuk Dasar Dalam Pembuatan Desain Logo


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Bentuk merupakan salah satu elemen dasar dari pembuatan sebuah desain logo. Bentuk bisa memiliki arti yang berbeda-beda untuk digunakan agar bisa menyampaikan suatu pesan atau informasi.

Apa itu bentuk?

Bentuk ialah satu titik temu antara ruang dan massa, bentuk juga merupakan penjabaran geometris dari bagian semesta bidang yang di tempati oleh objek tersebut, yaitu ditentukan oleh batas-batas terluarnya namun tidak tergantung pada lokasi (koordinat) dan orientasi (rotasi) nya terhadap bidang semesta yang di tempati. Bentuk objek juga tidak tergantung pada sifat-sifat spesifik seperti: warna, isi, dan bahan.

Adapun bentuk ini mempunyai 3 tipe dasar, antara lain ; bentuk geometrik, bentuk organis/alami, dan bentuk abstrak.

contoh macam-macam logo bentuk geometris

1. Bentuk Geometris
Bentuk geometris  ini memiliki pola teratur yang dengan mudah dapat dikenali, bentuk geometris adalah bentuk paling umum yang kita ketahui baik bentuk dari alam maupun bentuk dari buatan manusia seperti lingkaran pada bulan dan roda, segitiga pada gunung dan piramida, kotak dan lain sebagainya.

  • Lingkaran tidak memiliki awalan dan tidak memiliki akhiran, lingkaran mewakilkan kekekalan.
  • Kotak dan persegi panjang menunjukkan kejujuran dan stabilitas.
  • Segitiga bisa stabil jika berada di bentuk dasar dan tidak stabil ketika tidak dalam bentuk dasar, segitiga mewakili tekanan dinamis, aksi dan agresi.
contoh macam-macam logo bentuk organis


2. Bentuk Organis/Alami
Bentuk organis adalah bentuk yang dapat ditemukan di alam dan juga bentuk-bentuk dari buatan manusia yang menyerupai benda alami seperti gambar tumbuhan, gambar hewan, cairan, dan lain sebagainya. Bentuk organis ini cenderung memiliki pola yang tidak teratur, terdiri dari berbagai garis bebas.

contoh macam-macam logo bentuk abstrak

3. Bentuk Abstrak
Bentuk abstak memiliki rupa yang tidak nyata di kehidupan namun dapat dikenali sebagai suatu bentuk. Bentuk ini merupakan penyederhaan dari bentuk organis/alami contohnya seperti gambar hati, cahaya, kecepatan dan lain sebagainya. Bentuk abstrak biasanya digunakan untuk berbagai ikon yang bentuknya diakui secara universal.

Semoga bermanfaat...

No comments

Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sesuai tema, terimakasih sudah berkunjung