Artkel Terbaru

Contoh Desain Logo yang Terinspirasi Seni Origami


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Dalam pembuatan desain logo para desainer akan menggunakan imajinasinya untuk merancang berbagai bentuk  yang akan dipadukan dalam suatu karya desain logo. Untuk mencari inspirasi desainer mengambil ide dan konsep dari bentuk apasaja yang pernah dilihatnya misalkan mengambil bentuk-bentuk dari seni origami.

Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang desain logo yang terinspirasi dari seni origami atau disebut "Origami Logo". Origami adalah seni tradisional melipat kertas rakyat Jepang, kata origami adalah kata dalam bahasa Jepang yang berasal dari dua kata: ‘Ori’ yang artinya melipat dan ‘Kami’ yang artinya kertas.

Dalam pembuatan desain logo yang bertema origami ini bentuk lipatan origami bisa dicapai menggunakan bentuk-bentuk dasar dari seni origami yang terdiri dari bentuk-bentuk geometris yang bersiku seperti segitiga, persegi, dan trapesium. Untuk membuat kesan tiga dimensi dari bentuk origami maka digunakan blok-blok warna yang berbeda-beda serta menambahkan efek gradasi warna dan shading/bayangan untuk membedakan bidang-bidang lipatan ciri khas seni origami.

Seni origami ini bisa menciptakan banyak bentuk-bentuk unik dari bentuk benda mati maupun bentuk mahluk hidup. Bentuk seni origami yang sering digunakan dalam Origami Logo terbagi dalam 4 macam bentuk, yaitu:

1. Bentuk mahluk hidup: bunga, hewan, manusia
2. Bentuk benda: pesawat, kapal, dan lain sebagainya
3. Bentuk huruf/letterforms
4. Bentuk abstrak

Berikut ini adalah beberapa contoh desain logo yang terinspirasi dari seni origami:






Semoga bermanfaat

No comments

Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sesuai tema, terimakasih sudah berkunjung