Artkel Terbaru

Kisah Bodoh dalam Kontes Desain Logo di 99designs


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Ini adalah cerita saya tentang pengalaman yang tidak mengenakan sewaktu saya mengikuti sebuah kontes desain logo di situs 99designs.com, kisah ini seperti menjadi kisah bodoh saya sewaktu menjadi peserta kontes.

Sekitar dua tahun yang lalu saya mengikuti sebuah kontes desain logo, tepatnya di situs 99designs. Kontes yang saya ikuti adalah kontes terbuka dengan besar hadia $190 USD, persaingan cukup ketat sperti kebanyakan kontes terbuka desain yang dikirimkan peserta kontes sedikit ada kemiripan. Selanjutnya saya dan 5 desainer lainnya masuk ke babak final dan akhirnya contest holder memilih saya sebagai pemenang kontes saat babak final masih belum selesai dengan sedikit perbaikan pada desain yaitu merubah sedikit pada bagian pohon di logo yang saya kerjakan.

Tentu saja saya sangat senang waktu itu, namun tidak lama waktu kemudian ada email masuk dari staf 99designs yang memberitahukan contes holder membatalkan saya jadi pemenang kontes, tentu saja saya sangat terkejut dan kecewa karena saya dan contest holder telah menjalin komunikasi yang sangat baik sebelumnya. Dan akhirnya kontes dibiarkan tanpa pemenang dan harus merelakan hadiah utama untuk dibagikan ke semua finalis kontes..


Singkat cerita, dua tahun kemudian saya agak terkejut karena mendapati desain logo saya yang gagal menang ternyata digunakan pada sebuah akun fanspage di facebook, dan setelah saya telusuri ternyata email dan akun instagram yang terhubung dengan fanspage tersebut identik dengan nama contest holder di kontes yang saya ikuti dulu.

Saya pun langsung menghubungi staf 99designs dan menceritakan bahwa logo yang saya buat di kontes di situs 99designs telah digunakan contest holder padahal logo saya tidak menjadi pemenang kontes. Ada sebuah pemberitahuan saat hadiah dibagikan bahwa desain logo yang dibuat desainer dan telah dikirimkan dalam kontes masih menjadi hak desainer yang membuat logo sepenuhnya, atas dasar itu saya mencoba meminta bantuan ke staf 99designs untuk hak saya dan tentang nasib logo saya yang digunakan contest holder secara ilegal.

Berikut ini adalah jawaban pertama dari staf 99desins:

We are really sorry to hear about this.

I would recommend first reaching out to the client. You can, for example, send them a message through Facebook where you offer to start a 1-1 project with them so they can officially purchase your logo.

While we aren’t lawyers here, If the client is unresponsive or if they refuse to cooperate, we would suggest sending them a cease and desist letter. 
This letter is free to create using online templates. If you are unfamiliar with it, search for cease and desist letter to get an idea.

Since the client has not purchased the logo, the design still belongs to you. Because of this you are legally within your bounds to request them to remove the designs until you are compensated.

Our client support team will try to contact the client as well, however, since they haven't logged in to the platform in the past few years I can't guarantee that this will be successful.

I'll keep you updated as soon as I have any news.

All the best


Setelah ada jawaban yang pertama dari staf sperti di atas, saya lalu meminta sebaiknya hal ini diselesaikan di 99designs karena saya membuat desain logo di kontes yang ada di 99designs dan contest holder juga mengambil logo di situs 99designs.

Saat tulisan ini saya terbitkan desain logo saya masih digunakan di fanspage yang bersangkutan, saya menulis kisah ini hanya untuk menjadikan kisah ini sebagai sebuah pengingat dan pembelajaran bahwa rezeki bisa datang dan pergi dengan mudah, walau sempat kecewa saat itu namun Alhamdulillah.. saya segera move on dan mengikuti kontes yang lainnya.

Tak lama kemudia ada jawaban kedua dari staf yang isinya seperti di bawah ini:

Our team has attempted to reach your client several times and sent a few emails but no response so far.
I would suggest that you try to contact the client yourself with the suggestion I provided in my first message.

This should definitely help!

All the best

17 comments:

  1. Turut berduka mas bro, seperti kebanyakan kasus desainer ibarat kata cuma jadi sapi perah

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih tanggapannya, jadi pengalaman dalam dunia kontes desain logo, ada suka dukanya

      Delete
    2. Termyata banyak juga senasib dengan saya, tapi saya mah 100% dibanned sama 99design sejak akhir 2018 utk hal yg bagi saya nggak bisa saya terima, karena saya yakin ide2 saya murni, dan saya juga beralasan ke 99design tapi dijawab menjiplak, padahal 75% beda, tapi kok ya ada peserta lain yg ngomplain dgn alasan mirip, padahal saya nggak njiplak dari manapun. Karena saya murni Pelukis yg ikut mengais rejeki di Desain Grafis. eee keok. Bahkan saya ngamati malah punya saya banyak dijiplak, tpi saya nggak protes (salahnya saya), hingga setelah dibanned ada bberapa yg masih jiplak, bahkan hampir 90%, tpi kok ya selamat... nasibbb nasib...

      Delete
  2. Banyak beberapa kasus seperti ini yang saya alami juga, bahkan untuk desain website dan app yang membutuhkan effort yang lumayan banyak memakan waktu. 99design menerapkan code of conduct yang ketat kepada desainer, tapi banyak juga kelonggaran kepada CH contohnya dengan tidak meng-garansi kan kontes, refund policy yang terkadang sepihak, kita dah cape2 bikin tapi di batalkan sepihak ya contohnya kaya kasusnya mas ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas saya ingin berbagi pengalaman ini, dan saya kira juga dialami oleh desainer yang lain. terimakasih mas sudah berbagi pengalamannya juga

      Delete
  3. mungkin kebijakan dari 99designs lebih diperketat lagi ya gan .. karena pencari kontes sudah susah payah meluangkan waktu dn pikirannya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ada tiket tersendiri untuk contest holder mas

      Delete
  4. sebenernya banya kejadian kayak begini, CH open contest buat nyari desain mana yang bisa diambil. Gak jarang pemenang contestnya orang terdekat CH yang nyamar jd peserta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mas, apakah mas pernah mengalami kontes direfund jg? terimakasih sdh mampir

      Delete
  5. Ini gimana kelanjutannya gan? adakah penyelesaiannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada penyelesain dari 99 mas, dan akhirnya saya iklaskan saja desainnya digunakan olh CH

      Delete
  6. Sabar saja mas rejeki sudah ada yang atur tetap semangat dan banyak berdoa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, itu hanya salah satu kisah dalam ngontes logo sj. Alhamdulillah... dalam kontes2 lainnya ada kemudahan jg

      Delete
  7. Itulah hidup & kita hanya berusaha

    ReplyDelete
  8. Kalo saya sih biasanya lebih memilih blind contest demi kenyamanan berkarya, tapi biasanya memang ada aja yang mencari kesalahan pada saat kita menang. Yang nglaporin jelas pesaing yang gagal jadi pemenang karena merasa karyanya lebih bagus wkwkkwkwk

    ReplyDelete
  9. Apa klien sudah dihubungi? Dan bagaimana tanggapannya? Viralkan aj di medsos biar kapok

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sesuai tema, terimakasih sudah berkunjung