Artkel Terbaru

9 Software Desain Grafis Berbayar dan Gratis yang Wajib Dimiliki Desainer



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Untuk menjadi seorang desainer grafis harus memiliki suatu perangkat alat untuk merancang desain grafis yang berupa hardware berupa komputer PC, laptop, tablet, dan tentu saja harus menggunakan software desain grafis di dalamnya untuk menjalankannya.

Ada bermacam software desain grafis yang wajib dimiliki desainer grafis, yaitu jenis software grafis untuk mengolah desain berbasis vektor dan juga software grafis untk mengolah desain berbasis raster/pixel.

Berikut ini saya mencoba merekomendasikan sembilan software desain grafis yang berbayar dan yang gratis yang bisa digunakan sesuai kebutuhan dan sesuai juga dengan budget yang dimiliki.

Software desain grafis yang berbayar

1. Adobe Illustrator


Adobe Illustrator atau juga disebut AI adalah program editor grafis vektor terkemuka di dunia, dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Untuk bisa menggunakan software keren ini desainer harus berlangganan US$20.99/bulannya

2. CorelDraw


CorelDraw adalah editor grafik vektor yang sangat keren dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Software CorelDraw ini banyak digemari oleh desainer di Indonesia, untuk bisa menggunakan software ini desainer harus membeli lisensinya sebesar US$705.00 atau berlangganan US$33.25/bulannya

3. Affinity Designer


Affinity Designer adalah software pengolah grafik vektor yang mumpuni, diciptakan oleh Serif sebuah perusahaan perangkat lunak di Inggris. Untuk bisa menggunakan software ini desainer harus membeli aplikasinya sebesar US$49.99

4. Affinity Photo


Affinity Photo adalah software pengolah grafik raster yang mumpuni, diciptakan oleh Serif sebuah perusahaan perangkat lunak di Inggris. Untuk bisa menggunakan software ini desainer harus membeli aplikasinya sebesar US$49.99

5. Adobe Photoshop


Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Untuk bisa menggunakan software ini desainer harus berlangganan US20.99/bulannya.

Software desain grafis yang bisa digunakan secara gratis

1. GIMP


GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP adalah aplikasi sumber terbuka untuk mengolah grafis Bitmap. Desainer bisa menggunakannya secara gratis.

2. Inkscape


Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Desainer bisa menggunakannya secara gratis.

3. Krita


Krita adalah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka untuk editor grafis raster, yang dirancang terutama untuk menggambar, melukis, dan animasi. Desainer bisa menggunakannya secara gratis.

4. LibreOffice Draw


LibreOffice Draw merupakan komponen aplikasi LibreOffice yang berfungsi untuk membuat dan memanipulasi gambar berbasis vektor. Desainer bisa menggunakannya secara gratis.

Alternatif sofware grafis lainnya yang patut sobat coba gunakan

Xara Designer Pro X



Xara Designer Pro X adalah perangkat lunak grafis tercepat dan ringan digunakan, menjadi alat ilustrasi vektor canggih, pengeditan foto inovatif, tata letak halaman fleksibel, dan untuk mendesain web yang keren. Menjadikan Xara Designer Pro X sebuah aplikasi tunggal untuk semua karya kreatif. Untuk bisa menggunakan Xara Designer Pro X sobat bisa membelinya seharga $299.00 harga normal.

No comments

Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sesuai tema, terimakasih sudah berkunjung