Artkel Terbaru

Mengenal Darktable, Software Untuk Fotografi Alternatif Lightroom

 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Jika sobat pembaca adalah seorang yang suka dunia fotografi dan sedang mencari software untuk mengolah foto pengganti software Adobe Lightroom yang mungkin telah sobat pakai secara ilegal selama ini karena biaya untuk berlangganan software Adobe Lightroom yang cukup mahal, dan sobat ingin beralih ke software dengan harga yang lebih terjangkau atau bahkan yang gratis.

Kali ini saya mencoba memberikan rekomendasi software grafis yang layak sobat coba gunakan. Nama software itu adalah Darktable.


Darktable adalah aplikasi untuk pekerjaan olah fotografi open source dan pengeditan/mengembangkan foto format mentah/RAW. Fitur Lighttable dan Darkroom virtual untuk para fotografer. Darktable ini mengelola digital negatif dalam database, memungkinkan pengguna melihatnya melalui lighttable yang dapat diperbesar dan memungkinkan pengguna mengembangkan gambar mentah/RAW dan menyempurnakannya.

Darktable mengedit gambar tanpa merusak seluruh salurannya, gambar asli tidak pernah dimodifikasi! Fitur manajemen warna profesional memastikan ketepatan sepanjang jalan untuk mencetak dan pemrosesan yang dipercepat GPU berarti pengguna dapat mempercepat alur kerja menggunakan kartu video.

Pada intinya software Darktable ini berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas dari sebuah foto seperti menambah ketajaman foto, mengatur ulang cahaya foto, mengangkat warna agar semakin jelas, dan fungsi editing foto lainnya.

Semoga bermanfaat... 

No comments

Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sesuai tema, terimakasih sudah berkunjung