Artkel Terbaru

7 Contoh Desain Logo yang Bersengketa Karena Mirip


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Membuat logo yang bagus dan tepat untuk bisa mewakili sebuah merek tidak semudah yang dibayangkan, kadang logo dibuat sesimpel mungkin dan kadang juga logo dibuat yang unik dan komplek agar bisa berbeda dengan logo merek lainnya. Namun kadang logo yang komplek sering kurang begitu menarik bagi konsumen, karena mungkin terlalu banyak elemen logo yang harus diterjemahkan satu per satu. Tak sedikit perusahaan/merek dagang yang harus bersengketa kerena desain logo yang mereka gunakan terlihat mirip antara satu dengan lainnya.
Berikut ini tujuh logo yang pernah bersengketa, yang saya rangkum dari berbagai sumber;
 
1. Logo Cap Kaki tiga dengan Logo negara koloni Kerajaan Inggris, Isle Of Man

Cap Kaki Tiga adalah merek minuman pereda panas dalam yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Beberapa saat yang lalu, logo Cap Kaki Tiga diperkarakan oleh seorang warga negara Inggris, Russel Vince, karena logo tersebut dianggap mirip dengan bendera negara Isle of Man.

Menurut undang-undang, logo produk tidak diperbolehkan menyerupai bendera negara manapun. Mahkamah Agung Indonesia telah memutuskan untuk mencoret merek dan juga hak cipta logo Cap Kaki Tiga.


2. Logo Paytm dengan Logo PayPal

PayPal mengkomplen sebuah logo yang digunakan paytm yang merupakan layanan jasa pembayaran oline di India karena memiliki warna yang mirip dengan warna yang digunakan pada logo Paypal. Karena menurut PayPal, hal ini dapat berdampak membingungkan konsumen pengguna dari layanan pembayaran online tersebut.

3. Logo Apfelkind dengan Logo Apple

Pabrikan ponsel raksasa dunia, Apple Inc mengkomplain sebuah logo warung kopi asal Jerman Apfelkind pada 2011 lalu. Apple menggugat Apfelkind, sebagai langkah tindak lanjut, karena menurut mereka logo tersebut berpotensi mengganggu brand Apple.

Pemilik Apfelkind, Christin Romer, beralasan bahwa pembuatan logo warung kopi miliknya yang disebut memiliki kesamaan dengan Apple karena aspek ketidaksengajaan. Namun, Romer menolak jika harus mengganti logo miliknya.

4. Logo Sichuan Fangguo Food Co., Ltd dengan Logo Apple, Inc.

Apple harus berurusan dengan hukum karena adanya brand produk yang mirip dengan miliknya. Adalah perusahaan makanan di Sichuan, China, Fangguo Food Co., Ltd yang harus menerima gugatan pabrik ponsel asal Amerika Serikat tersebut.

Pemilik Fangguo, Zhao Yi, menyatakan bahwa saat dirinya membuat logo tersebut, dia tidak mengetahui mengenai Apple baik produk maupun logonya. "Ada daun di dalam logo ini, jadi anda lantas menyebutnya apel," ujarnya.

Apple sendiri meminta Fangguo untuk menghilangkan gambar daun di logonya. Hal ini untuk menghilangkan kesan sama pada representasi logo.



5. Logo Uncle Martian dengan Logo Under Armour
6. Logo EXXON Mobil dengan Logo FXX

7. Logo Energi Armor dengan Logo Electronic Arts


No comments

Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sesuai tema, terimakasih sudah berkunjung