Artkel Terbaru

Rekomendasi 6 Software Desain Grafis Gratis Terbaik


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Menggunakan aplikasi perancangan grafis terbaik adalah harapan setiap pekerja seni desain grafis untuk membuat berbagai macam desain grafis seperti desain logo, iklan, poster, brosur, kartu nama dan lain sebagainya. Namun untuk menggunakan perangkat lunak/software desain grafis seorang desainer harus mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit  untuk membeli atau berlangganan agar bisa menggunakannya, misalkan menggunakan perangkat lunak Photoshop, Adobe Illustrator dan CorelDraw.

Bagi sebagian perancang grafis mahalnya harga untuk berlangganan perangkat lunak/software desain grafis tersebut di atas tentu saja akan menjadi kendala, maka dalam tulisan kali ini saya ingin merekomendasikan enam software desain grafis yang bisa digunakan secara gratis.

Ada banyak pilihan untuk bekerja mendesain grafis dengan menggunakan perangkat lunak desain grafis gratis/open-source dengan fitur dan alat terbaik, walau memang ada juga kekurangannya dibandingkan dengan perangkat lunak premium/berbayar.

Walaupun demikian perangkat lunak gratis berikut ini bisa dijadikan alternatif bagi sobat yang masih galau dalam menggunakan perangkat lunak premium/berbayar.

Berikut ini ke enam perangkat lunak desain grafis gratis terbaik beserta penjelasan singkat yang saya rangkai dari beberapa sumber dan saya sertakan link di bawahnya.

1. Krita


Krita adalah perangkat lunak desain grafis gratis/open-source terbaik yang menyediakan alat desain visual profesional untuk desainer grafis profesional. Krita mendukung semua sistem operasi termasuk Windows, Linux, dan macOS.

Perangkat lunak perancangan grafis ini bagus digunakan untuk merancang seni konseptual, desain tekstur, ilustrasi, dan komik. Krita menyediakan halaman antarmuka yang dapat disesuaikan dan interaktif untuk kemudahan pengguna. Manajer sumber daya membantu mengimpor kuas dan tekstur untuk memperluas daftar alat di Krita.

Download di sini

2. Inkscape


Inkscape adalah salah satu perangkat lunak desain grafis gratis terbaik karena fitur dan alatnya yang luar biasa. Inkscape menyediakan mekanisme yang berguna untuk merancang gambar vektor dan membantu desainer ilustrator untuk mengembangkan desain dan tema yang menarik secara efektif.

Inkscape menyediakan alat gambar yang fleksibel dengan kompatibilitas format file yang luas. Ada banyak fitur Inkscape untuk menggambar dan memanipulasi model menggunakan alat bentuk, alat pensil, transformasi dan banyak alat lainnya.

Download di sini

3. Gimp


Gimp adalah perangkat lunak desain grafis gratis/open-source yang cukup populer dan banyak penggunanya. Memiliki fitur-fitur luar biasa dalam Gimp memungkinkan pengguna untuk mengedit foto dan gambar raster dengan cepat dan efektif. Desainer juga dapat membuat karya seni dari awal, desainer juga dapat menemukan fitur-fitur canggih dari Gimp ini, seperti kurva, layer mask, paket animasi, dan lain sebagainya.

Gimp menyediakan halaman antarmuka yang dapat disesuaikan untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Alat pengolahan foto sangat membantu untuk mengedit gambar dengan memperbaiki distorsi perspektif, dan lain sebagainya.

Download di sini

4. Vectr

Vectr adalah salah satu perangkat lunak desain grafis gratis. Vectr menyediakan aplikasi berbasis web untuk para desainer, hal ini memberikan semua alat yang sangat baik untuk mendesain grafis seperti alat pena, alat bentuk, pathfinders dan banyak lainnya.

Gunakan di sini

5. SketchUp


SketchUp juga dianggap sebagai salah satu perangkat lunak perancang grafis terbaik, dan menyediakan layanan gratis untuk penggunaan pribadi namun hanya secara online saja. Sedangkan untuk penggunaan profesional dengan fitur luar biasa, harga awalnya adalah $ 119 per tahun.

SketchUp menawarkan platform bagi pemula untuk membuat/mendesain desain 2D dan 3D dengan mudah. Fitur utama SketchUp termasuk tekstur, model 3D, efek pencahayaan, model 2D, manajer lapisan, animasi, dan banyak lagi. Ini menyediakan penyimpanan cloud 10GB untuk pengguna gratis.

Gunakan di sini

6. Blender


Blender adalah perangkat lunak perancang grafis 3D open-source lainnya dengan serangkaian luas toolset yang juga menawarkan versi gratis. Sobat dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk membuat efek visual, model 3D, aplikasi, dan animasi 3D interaktif.

Daftar fitur Blender meliputi rendering, pelacak jalur produksi kelas atas, pengeditan video, skrip phyton, simulasi, pemodelan, dan masih banyak lagi.

Download di sini

Semoga bermanfaat...

No comments

Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sesuai tema, terimakasih sudah berkunjung