Artkel Terbaru

Software Gratis untuk Membuat Desain Logo Berbasis Vektor

 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Dalam postingan saya yang sebelumnya saya telah berbagi info tentang 6 sofware desain grafis yang bisa digunakan secara gratis, dalam artikel kali ini juga masih tentang sofware gratisan. Namun dalam artikel ini saya akan membahas software berbasis vektor saja yang cocok untuk merancang desain logo.

Menggunakan aplikasi perancangan grafis terbaik adalah harapan setiap pekerja seni desain grafis untuk membuat berbagai macam desain grafis seperti desain logo, iklan, poster, brosur, kartu nama dan lain sebagainya. Namun untuk menggunakan perangkat lunak/software desain grafis seorang desainer harus mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit  untuk membeli atau berlangganan agar bisa menggunakannya, misalkan menggunakan perangkat lunak Adobe Illustrator, Affinity Designer, dan CorelDraw.

Bagi sebagian perancang grafis mahalnya harga untuk berlangganan perangkat lunak/software desain grafis tersebut di atas tentu saja akan menjadi kendala, maka dalam tulisan kali ini saya ingin merekomendasikan empat software desain grafis berbasis vektor yang bisa digunakan secara gratis.

Ada banyak pilihan untuk bekerja mendesain grafis dengan menggunakan perangkat lunak desain grafis gratis/open-source dengan fitur dan alat terbaik, walau memang ada juga kekurangannya dibandingkan dengan perangkat lunak premium/berbayar.

Walaupun demikian perangkat lunak gratis berikut ini bisa dijadikan alternatif bagi sobat yang masih galau dalam menggunakan perangkat lunak premium/berbayar.

Berikut ini empat perangkat lunak desain grafis gratis untuk membuat desain logo ulasan singkat beserta contoh desain logo sederhana yang saya buat menggunakan masing-masing software tersebut.

1. Inkscape


Inkscape menjadi salah satu software desain grafis berbasis vektor yang sudah teruji dan sangat banyak penggunanya, dalam aplikasi Inksape ini tersedia tool yang cukup komplit hampir sama dengan software desain grafis berbayar. Desainer bisa menginstal dan menggunakan inkscape tanpa harus terhubung internet, dan bisa menyimpan file dalam berbagai tipe seperti eps, svg, pdf, png, dan masih banyak lagi.

2. Lunacy



Lunacy mungkin masih asing bagi para desainer, software Lunacy bisa diinstal dan digunakan secara gratis dan juga bisa digunakan saat offline. Dalam software ini memiliki tampilan yang sederhana dan tool yang tidak terlalu banyak. Pengguna bisa menyimpan/mengeksport file dalam beberapa format file seperti png, svg, jpg, pdf, bmp, gif, tif.

3. Gravit Designer


Gravit Designer bisa diunduh dan digunakan secara gratis namun dalam versi gratis ada beberapa tool dan program yang dibatasi, pengguna harus upgrade ke versi pro jika ingin menggunakan versi lengkapnya. Untuk bisa menggunakan software Gravit Designer harus diinstal dikomputer dulu namun komputer kita harus terhubung dengan internet. Dalam versi gratis software Gravit Designer pengguna bisa mengeksport file dalam empat tipe saja yaitu svg, jpg, png, dan pdf.

4. Vectr


Vectr hanya tersedia dalam aplikasi berbasis web untuk para desainer, Vectr memiliki beberapa tool untuk mendesain grafis seperti sofware desain grafis pada umumnya. Pengguna bisa mengeksport desain dalam beberapa tipe file saja yaitu svg, jpg, png.

Semoga bermanfaat...

No comments

Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sesuai tema, terimakasih sudah berkunjung